Sebulan Mengaspal di Indonesia, Bagaimana Penjualan Wuling Cloud EV?

By Admin


JAKARTA -- Dalam pasar mobil listrik Indonenesia, Wuling Cloud EV merupakan pendatang baru. Lalu bagaimana menerimaan masyarakat terhadap Wuling Cloud EV setelah sebulan resmi mengaspal? 

Diketahui, Wuling Cloud EV merupakan mobil listrik ketiga yang dirilis pabrikan berlogo lima berlian itu di Tanah Air setelah Air ev dan BinguoEV. Sebelum resmi dirilis, distribusi Cloud EV terbilang banyak. Cloud EV bahkan masuk dalam jajaran 20 mobil terlaris di Indonesia.

Distribusi Cloud EV secara wholesales pada April 2024 itu mencapai 597 unit. Torehan itu juga menjadikan Cloud EV sebagai mobil terlaris di Indonesia unggul atas kompetitornya. Lalu bagaimana dengan penjualannya di bulan Mei?

Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Wuling Cloud EV dari pabrik ke dealer itu turun menjadi 452 unit. Kendati demikian, distribusinya masih unggul ketimbang Air ev dan BinguoEV. Pada periode yang sama, distribusi Air ev tercatat hanya 145 unit sementara BinguoEV hanya 29 unit.

Secara spesifikasi, di antara dua mobil listrik Wuling lainnya, jarak tempuh Cloud EV memang yang paling jauh. Mobil ini bisa menjelajah sejauh 460 km berbekal baterai Lithium Iron Phosphate berkapasitas 50,6 kWh. Cloud EV juga menggendong motor penggerak berdaya 100 kW atau setara 134 daya kuda dengan torsi maksimal 200 Nm. Kecepatan maksimal yang bisa diraih adalah 150 km/jam.

Wuling Cloud EV memiliki empat mode berkendara, yakni eco+, eco, normal, dan sport. Mengimbangi mode berkendara, Wuling Cloud EV juga dilengkapi dengan mode pemulihan daya atau regenerative braking, dengan pilihan lemah, standar, dan kuat.

Untuk memaksimalkan kenyamanan, Wuling Cloud EV dibekali beberapa fitur unggulan di antaranya:

Digital AC with PM 2.5 Filter

Air Conditioning di baris kedua

All Around 360

Multifunction Switch Steering Wheel

Keyless Entry & Smart Start System

USB Port 20W with Fast-Charging

Wireless Charging- Speakers 6 Unit

AM/FM Radio, USB, Bluetooth

Full Vehicle Control via Head Unit

Smart Electric Tailgate- Smart Door Lock/Unlock.

Lebih lanjut, Wuling mengumumkan biaya kepemilikan Cloud EV mencapai Rp 5,3 jutaan hingga 105.000 kilometer. Biaya yang dibayarkan mencakup jasa serta pergantian suku cadang seperti oil reducer, filter AC, coolant dan minyak rem.

Soal harga, di Indonesia Wuling Cloud EV dijual dengan harga Rp 398,8 juta. Harga itu sudah termasuk insentif PPN dari pemerintah. (*)